Tips Memilih Jurusan Kuliah dan Universitas Yang Terbaik

0
17

Selamat datang semuanya, pada pembahasan kali ini tutorialbro ingin memberikan tips buat kalian yang ingin kuliah namun masih bingung memilih jurusan kuliah yang pas sesuai dengan minat dan bakat kalian atau kalian yang masih bingung untuk memilih universitas yang terbaik. berikut sudah saya buatkan artikel tentang “Tips Memilih Jurusan Kuliah dan Universitas Yang Terbaik Untukmu” silahkan dibaca sampai habis

tips memilih jurusan kuliah dan universitas terbaik di indonesia

Setiap anak memiliki kepribadian yang berbeda-beda dan unik. Lantas apa keterkaitan kepribadian dengan prioritas memilih jurusan kuliah?, Tanpa disadari dengan mengetahui kepribadian dalam diri sendiri, memilih jurusan akan lebih jauh mudah.

Menurut John Holland, ada 6 pengelompokan kepribadian, yaitu: realistic (realistis), thinkers (pemikir), creators (berjiwa seni), helpers (penolong), persuaders (menguasai orang lain), dan organizers (terorganisir).

Enam kepribadian tersebut dapat diaplikasikan untuk cocokkan dengan tipe jurusan yang akan di pilih, sesuai atau tidak. Misalnya jika anda tipikal orang yang terorganisir, bisa saja jurusan manajemen lebih tepat untuk anda.

Baca Juga : Tips Agar Lolos SBMPTN dan Masuk Ke Universitas Negri

Seberapa pentingkah kuliah ?
Tak semata sekedar gengsi menambah gelar di belakang nama saja. Menjadi mahasiswa dan berkuliah akan mempertemukanmu dengan banyak orang yang berwawasan luas, mau tak mau pikiranmu pun akan makin terbuka.

Ada staf pengajar yang selalu bisa dijadikan ladang ilmu dan tempat untuk bertanya. Anda akan bertemu banyak anak muda hebat di bangku kuliah. Contoh nyata: walaupun dropout, Mark Zuckerberg mustahil bisa membuat Facebook kalau tidak ada teman-teman kuliahnya.

Bangku kuliah juga menempamu menjadi pribadi yang selalu gigih berusaha. Banyaknya tugas, laporan, hingga skripsi yang menuntut kerja keras akan menjadikanmu pribadi yang memiliki mental kuat.

Banyaknya kegiatan mahasiswa akan mengasah sisi kreatifmu, dimana ketika kamu dituntut untuk terjun ke dalam kepanitiaan. Kamu akan terbiasa untuk bekerja dengan banyak orang dan tak masalah ketika harus bekerja di dalam kelompok.

Tak bisa dipungkiri bahwa banyak juga para sarjana yang akhirnya bekerja untuk orang lain. Dan banyak orang yang tak berkuliah justru akhirnya sukses menjadi pengusaha., Titel sarjana memang tak menjamin kesuksesanmu, namun paling tidak gelar ini adalah kendaraanmu untuk bekerja di tempat yang lebih baik.

Sehingga, mulai sekarang hapus keinginan untuk menyerah maupun ingin berhenti berjuang dari kamus hidupmu.

Tips memilih Jurusan Kuliah

1. Sesuaikan Dengan Minat & Keinginan Atau konsekuensinya.

Dalam memilih jurusan kuliah, hal pertama yang harus di perhatikan adalah sesuaikan jurusan dengan minat dan passion. Jangan sampai anda mudah terbawa arus atau tren karena ikut-ikutan teman. Jadi betul-betul harus disesuaikan dengan keinginanmu, karena ketika menjadi mahasiswa maka anda yang akan menjalankannya bukan teman anda.
Pastikan anda harus mengetahui betul secara detail apa aja yang akan dilakukan dan dialami selama kuliah nanti.

Baca Juga : Ingin Kuliah Jurusan Hubungan Internasional ? Baca Ini Dulu

Kesimpulannya, apapun jurusan yang akan diambil, pastikan jurusan itu memang hal yang kita dibutuhkan bukan diinginkan, cari tahu segala risiko yang hadapi dan juga siap menerima konsekuensinya. Hal yang sama juga berlaku bagi bidang apapun yang akan ditekuni, baik jadi insinyur, psikolog, musisi, arsitek, pilot, politisi, seniman dll.

2. Jangan Pernah Memilih Jurusan Hanya Berdasar Prospek Finansial

Bisa dipahami kekhawatiran orang tua dan niat baik mereka untuk menjaga anak-anaknya supaya tetap sejahtera dan hidup “nyaman” sampai akhir hayatnya.

Lantas dengan begitu tak selamanya anda melihat dengan kacamata serupa, ketika zaman mereka muda, mungkin memang langkah pragmatis – dengan melihat segalanya dari tolak ukur ‘uang’ adalah hal yang paling realistis, sehingga mereka dapat membiayai kebutuhan seluruh anggota keluarga sampai sejauh ini.

Sekarang, esensi pendidikan itu bukan lagi sekedar untuk mencari lapangan kerja tapi lebih bagaimana dengan ilmu yang didapat namun direalisasikan pada lingkungan masyarakat dan menciptakan semua potensi dan segala intelektualisasi diri menciptakan lapangan kerja baru.

Jadi, pendidikan ke jenjang lebih tinggi seperti kuliah akan sia-sia jika tujuannya akhirnya hanya persiapan melamar kerja dan sekedar cari uang.

3. Jangan Memilih Jurusan (Hanya) Berdasarkan Pelajaran Yang Dikuasai Atau Disukai.

Tidak salah memilih berdasarkan studi yang anda disukai saat dibangku sekolah ada benarnya di satu sisi atau malah menjadi SALAH SATU indikator KESALAHAN dalam memilih jurusan. Intinya pelajaran selama di bangku perkuliahan mencakup banyak hal dan saling berkaitan misalnya disekolah menyukai biologi tak lantas ketika kuliah memilih jurusan FK, pasalnya ketika menjadi mahasiswa FK sekalipun yang dipelajari tidak hanya biologi semata mulai dari kimia, fisika, matematika hingga bahasa inggris dan kosakata latin.

Baca Juga : Ingin Kuliah di Jurusan Kedokteran Coba Baca Ini Deh

Ada dua alasan kenapa pelajaran yang di kuasai dan disukai tidak sepenuhnya bisa dijadikan pilihan memilih kuliah:

  • Pertama : Karena bidang yang dipelajari lebih luas daripada hanya 13 mata pelajaran yang terdapat di sekolah mulai dari SD hingga SMA/K. Jadi kurang pas jika hanya dari sudut pandang 13 mata pelajaran yang selama ini sudah dipelajari selama 12 tahun.
  • Kedua : Akan mengalami kebingungan jika memakai standar ukuran “pelajaran sekolah” untuk memilih jurusan. Misalnya jurusan psikologi hanya mempelajari tentang kejiwaan dan kebanyakan teori saja, namun ternyata banyak memakai statistik dan prinsip matematika yang kuat .

4. Apakah Ada Rumus Atau Cara Jitu Agar Tak Salah Pilih Jurusan Saat Kuliah?

“Pilihlah bidang yang membuat diri anda tertantang… Pilih bidang yang bikin anda mati penasaran sampai melupakan tempat dan waktu mengulik atau mempelajarinya siang-malam tanpa dibayar sekalipun.

Pilih bidang yang tanpa disuruh pun anda selalu curi-curi waktu buat belajar sendiri, atau tanpa sadar suka mencari info di internet atau lewat Google. Pilih jurusan yang memicu ‘sense of wonder’ dalam diri anda. Pilih jurusan yang akan jadi muara ilmu pengetahuan yang ingin di tekuni sampai akhir hayat”

Tidak akan ada lagi pertanyaan semacam.. “bagaimana lapangan kerja jurusan X nanti ? Prospek gajinya dan jenjang karier? Jurusan ini belajarnya seperti apa?” jika anda masih berputar-putar dengan pertanyaan semacam itu, anda layak khawatir dengan predikat mahasiswa salah jurusan.

Tanyakan pada diri sendiri dulu dan jujur “Bidang pekerjaan apa yang membuat kapasitas intelektual anda tertantang? Hal apa yang bisa bikin anda tidur karena penasaran?” Kalo sudah m3nemukan jawabnya baru cari tahu jurusan apa yang relevan dengan bidang yang membuat anda ‘tertantang’ karena penasaran hal itu.

“We’re never know the limit about ourself, if never try to find and explore the curious one”

Tips Memilih Universitas Yang Terbaik Buat Kamu

1. Dimulai Membuat Daftar Terdiri Dari Universitas PTN atau PTS dan Jurusan

Sebaiknya kamu mencari literatur atau sumber yang lengkap mengenai jurusan-jurusan kuliah apa saja yang ada di Indonesia/Luar Negeri. Jika ada waktu sempatkan datang ke universitas tersebut untuk menanyakan informasi yang lebih detail.

Jangan lupa juga untuk membuat daftar prioritas dari jurusan-jurusan tersebut. Pada tahap ini, tempatkan jurusan yang paling kamu minati pada urutan pertama, yang benar-benar sesuai pilihan hati. Pilih sekitar 4-5 jurusan kuliah agar tidak bingung dan terlalu pusing.

2. Memahami batas Kemampuan atau Kapasitas Diri Sendiri Termasuk Dalam Hal Biaya Kuliah

Biaya kuliah merupakan tahapan yang cukup penting. Sebab, seberapa besar pun minat anda pada suatu jurusan tetap harus disesuaikan dengan kapasitas/kemampuan anda ataupun orang tua yang menjadi penyokong biaya kuliah nantinya.

Jangan lupa untuk memprioritaskan kemampuan biaya yang orang tua kamu miliki tidak sebanding dengan jurusan yang anda pilih. Maka, perkuliahan nantinya bisa menjadi kendala. Meskipun ada beberapa beasiswa, tetapi tidak semua anak bisa mendapatkan beasiswa dengan mudah. Oleh karena itu semaksimal mungkin sesuaikan jurusan anda dengan biaya orang tua juga.

3. Pertimbangkan Pilihan Karier Yang Tersedia Dari Lulusan Jurusan Tersebut Dan Peluang Masa Depan

“Kalau kamu sudah lulus, kamu mau kerja jadi apa?” Pertanyaan seperti ini memang sangat mendasar dan pastinya ditanyakan oleh orang-orang terdekat saat mendiskusikan hal ini. Tidak dipungkiri, pertanyaan ini memang cukup penting karena anda harus punya gambaran akan bekerja sebagai apa nantinya.

Kalau misalnya belum menemukan gambaran, segera untuk mencari tahu lebih lanjut lagi. Karena memang ada jurusan tertentu yang lulusannya banyak dibutuhkan, namun ada juga yang cukup sedikit bidang kerja yang sesuai nantinya. Tidak sedikit pula yang bekerja di bidang tertentu namun tidak seusai dengan latar pendidikannya.

Hal ini bisa diantisipasi dari awal kalau anda benar-benar tahu bidang apa yang akan kamu tekuni atau kerjakan nantinya ketika memilih jurusan kuliah.

4. Diskusikanlah Bersama Orang-orang Terdekat Mengenai Jurusan Yang Akan Diambil

Selain keinginan pribadi, tentunya restu dari orang tua/wali sebagai penyokong biaya kuliah amat sangat penting.
Walaupun memilih jurusan yang awalnya tidak begitu disetujui, tetapi anda bersikap serius dan tekun dengan jurusan yang kamu inginkan, tentunya hal ini juga akan dipertimbangkan kembali oleh orang tua/wali masing-masing. Sebab, pada akhirnya kalian juga yang akan menjalani perkuliahan nantinya. Ingat, harus win-win solution ya.

5. Persiapkan Diri Dengan Sebaik-baiknya

Tetaplah mencari informasi yang up to date dan terpercaya. Ikutlah bimbingan belajar yang terbaik, apakah kamu mau ambil alih program atau sejalur dengan jurusan sekolah kamu. Tinggal memfokuskan diri untuk mendaftar dan mengikuti tes penerimaan mahasiswa baru. Sisanya, tetap rajin ibadah dan berdoa supaya diberikan kelancaran.

Penutup

Itu dia pembahasan tentang “Tips Memilih Jurusan dan Universitas Yang Terbaik Untukmu” saya harapkan semoga setelah membaca artikel ini kalian sudah tidak bingung lagi dalam memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan kemampuan kamu dan kemauanmu, serta kuliah di universitas memang yang terbaik buat kamu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here