10 Situs Lowongan Kerja Online Serta Tips Melamarnya

0
19

Mencari pekerjaan gampang-gampang susah. Setiap orang membutuhkan pekerjaan untuk menghidupi kebutuhan hidupnya. Jika dirimu sedang mencari pekerjaan tetapi bingung tempat mana yang kredibel menyajikan informasi lowongan kerja.

website lowongan kerja online

Berikut ini rekomendasi situs atau website lowongan kerja terbaik dan terpercaya. Sangat pas sedang mencari pekerjaan baru. Kalau kamu ragu dan bingung mencari website yang no-tipu-tipu dalam menyediakan pilihan lowongan pekerjaan.

Sebelum memulai melamar kerja secara online, penting bagi pencari kerja untuk menyiapkan terlebih dahulu surat lamaran kerja dan mengumpulkan informasi yang diperlukan. Agar dapat melamar kerja secara online dan mengisi aplikasi lowongan kerja, membutuhkan akun email, akses internet, CV terbaru, cover letter (jika diminta), daftar riwayat hidup.

Terkadang, sebagai bagian dari proses lamaran kerja, beberapa diantaranya juga diharuskan untuk mengerjakan tes online dan memberikan surat rekomendasi. Dibawah ini

langkah-langkah cara melamar kerja secara online yang perlu di ketahui:

1. Siapkan CV (Curriculum Vitae)

Pastikan CV mengandung data diri beserta nomor yang bisa dihubungi, dan juga pengalaman bekerja anda. Simpan CV anda dengan nama NamaAndaCV.doc, jangan dengan nama umum seperti CV.doc.

Baca Juga : Contoh Surat Lamaran Kerja Simple Dan Tips Menulisnya

Hal ini berguna agar HRD bisa dengan mudah mengingat profile pelamar saat sedang memeriksa kembali CV yang masuk. Siapkan juga cover letter yang bisa digunakan dan mengubah dengan mudah untuk setiap jenis pekerjaan di lamar.

Beberapa situs mengizinkan anda untuk mengunggah CV dari Microsoft Word di komputer anda secara langsung. Sebagian yang lain mengharuskan anda untuk copy paste ke dalam formulir online yang sudah disediakan oleh masing-masing situs.

2. Siapkan Data Pengalaman Kerja

Jangan lupa untuk menyiapkan informasi pengalaman kerja. Lowongan kerja online umumnya menginginkan data yang sama dengan lowongan kerja konvensional, yakni data diri dan alamat, latar belakang pendidikan, serta pengalaman kerja.

Baca Juga : Etika Mengirim Email Yang Baik Untuk Melamar Kerja

Di dalam pengalaman kerja ini, biasanya juga harus menyertakan posisi jabatan, periode (awal mulai hingga akhirnya berhenti kerja), juga gaji setiap posisi (jika diperlukan).

3. Pelajari Contoh Format CV yang Baik dan Benar

Gunakan contoh format CV yang ada di Job-like sebagai acuan. Gunakan contoh-contoh CV yang baik dan benar sebagai panduan saat hendak mengisi formulir lowongan kerja secara online.

Jangan buang kesempatan dan membiarkan orang lain memiliki profil yang lebih lengkap dari dirimu.

4. Carilah Lowongan Kerja Secara Online

Ada banyak metode untuk mencari kerja via online. Beberapa situs atau website kerja lengkap seperti Job-like. Misalnya Situs Job-like, dapat mencari seluruh pekerjaan dalam satu wadah, sehingga tak perlu bersusah payah mengunjungi website resminya satu-persatu.

Lakukan pencarian dengan menggunakan kata kunci yang telah di buat dan akan menemukan lowongan kerja yang sesuai dengan spesifikasi secara cepat.

5. Daftar Pekerjaan Secara Langsung di Situs Resminya

Situs resmi perusahaan bisa menjadi sumber informasi lowongan kerja yang baik, terutama jika sudah mengetahui ingin melamar di perusahaan tertentu. Perusahaan-perusahaan besar pada umumnya memiliki halaman aplikasi kerja online pada situs resmi mereka. Jika memungkinkan, lamar pekerjaan secara online langsung di situs resmi perusahaan.

6. Kapan Dapat Memulai Bekerja?

Pikirkanlah hal ini matang-matang sebelum mengajukan lamaran kerja. Terutama ketika mengajukan lamaran kerja paruh waktu, mulai dari mengetahui hari apa dan jam berapa mampu bekerja. Ketahui jadwal terlebih dahulu sebelum memasukkan lamaran kerja.

7. Ikuti Instruksi Lowongan Kerja

Selalu mengikuti instruksi yang terdapat di dalam informasi lowongan kerja online. Kemungkinan pelamar akan diminta untuk mengisi profil, mengunggah CV dan cover letter, serta mengambil tes online.

Perhatikan instruksi yang diberikan dari perusahaan di tiap lowongan kerja. Pastikan telah menyiapkan segala persyaratan yang diminta dan baca kembali CV Anda sebelum di kirimkan.

8. Follow-Up Perkembangan Lamaran Kerja Anda

Bisa dibilang cukup sulit untuk mem-follow-up perkembangan lamaran kerja via online. Namun jika calon pelamar memiliki “orang dalam” di dalam perusahaan, mereka bisa membantu Anda agar lamaran Anda dilirik HRD.

Mulailah memeriksa akun LinkedIn Anda. Siapa tahu, jika anda beruntung salah satu karyawan di perusahaan tersebut merupakan sahabat lama.

9. Melamar Kerja via Email

Selain melalui portal lowongan kerja, Anda juga bisa mengajukan lamaran kerja melalui email. Umumnya, perusahaan kecil masih menggunakan sistem ini.

10. Cari Tahu Referensi Gaji Perusahaan

Setelah menyiapkan CV dan melamar pekerjaan online, mulailah untuk mencari tahu standar gaji posisi yang di lamar.

Hal ini bertujuan agar ketika menghadapi wawancara kerja dan ditanya seputar gaji yang diinginkan, pelamar telah tahu kira-kira berapa rentang gaji yang layak untuk posisi tersebut.

11. Tentukan Pekerjaan yang Ingin Kamu Lamar

Sebelum mencari pekerjaan melalui situs lowongan kerja, tentu saja harus mengetahui lebih dulu pekerja yang di inginkan.

Situs lowongan kerja biasanya mengharuskan pelamar untuk menentukan preferensimu agar mereka dapat mengetahui rekomendasi lowongan pekerjaan seperti apa yang akan ditawarkan.

Untuk menghindari kemungkinan menolak tawaran wawancara atau bahkan menolak pekerjaan tersebut setelah benar-benar mendapatkannya. Karena hal ini sangat membawa dampak buruk bagi perjalanan karier pelamar itu sendiri karena dianggap tidak menghargai tawaran dari perusahaan.

12. Persiapkan CV dan Referensimu

Salah satu hal paling krusial dari melamar pekerjaan adalah CV yang harus di persiapkan semaksimal mungkin, terutama bagi pelamar lewat situs lowongan kerja.
CV akan menjadi bahan penilaian yang menentukan layak atau tidaknya seorang pelamar maju ke langkah selanjutnya. Tidak sekedar informasi yang memuat riwayat hidup dan pengalaman kerja, CV adalah representasi dari diri sendiri yang dikemas sebaik mungkin.

13. Secara Berkala Perbarui Profil

Selain apply kerja secara berkala, pelamar juga harus secara berkala memperbarui profilmu.

Jika tidak biasa melakukannya, resume yang sampai pada perusahaan mungkin saja akan berbeda dengan keadaan saat ini dan akhirnya kehilangan kesempatan.

setelah kita mengetahui tentang tips melamar kerja melalui situs lowongan kerja online sekarang saatnya kita mengetahui situs situs yang terpercaya yang bisa digunakan untuk melamar kerja, berikut sudah saya rangkum beberapa situs yang bisa teman teman gunakan untuk mencari referensi pekerjaan

10 Website Pencari Lowongan Kerja Online

1. JobStreet

Website lowongan pekerjaan terbesar di Indonesia, sudah menjadi pilihan banyak orang sebagai pilihan utama untuk mencari pekerjaann.

Kelebihan: Sangat banyak pilihan pekerjaan dan jenis industri pekerjaan yang kita inginkan juga sangat lengkap.

2. JobsDB Indonesia

Berdiri sejak tahun 1998, JobsDB bukan hanya ada di Indonesia tetapi juga ada di beberapa negara seperti China, Malaysia, Hongkong, Singapura, Thailand, dan Filipina. Sehingga pilihan yang tepat jika ingin berkarir secara internasional.

Kelebihan: Ada tips&trik mengenai dunia karir dan ada berita terupdate seputar dunia kerja yang menarik untuk dibaca.

3. Jobs.id

Tampilan website lowongan kerja ini sangat sederhana. Dijamin tidak akan kesulitan untuk mencari pekerjaan dari berbagai industri yang tersedia di situs ini. Misalnya melamar kerja di PT.Freeport melalui website ini.

Kelebihan: Banyak perusahaan nasional dan multinasional yang mengiklankan lowongan kerja di situs ini.

4. Karir.com

Sebagai website lowongan kerja, karir.com boleh dibilang cukup kaya akan fitur-fitur. Untuk pekerjaan terentu, pelamar harus mengikuti serangkaian tes terlebih dahulu yang sudah tersedia di dalam situs ini. Jika sukses lolos dalam beberapa tes yang harus dilalui, biasanya akan langsung ditelpon untuk interview.

Kelebihan: Menyediakan program ‘Graduate Trainee Program’ untuk pelamar yang ingin akselerasi karir dengan program Management Trainee.

5. Qerja

Website lowongan kerja yang satu ini juga menarik untuk dikunjungi jika pelamar sedang membutuhkan pekerjaan baru. Fitur menarik yang ada di website ini adalah bisa membaca review dari orang-orang yang pernah bekerja di suatu perusahaan, sehingga pelamar bisa punya gambaran bagaimana budaya dan etos kerja di perusahaan itu.

Kelebihan: Menampilkan gaji yang ditawarkan pada setiap perusahaan/pekerjaan yang ingin dilamar.

6. Top Karir

Dengan mengusung tema ‘Portalnya Karir Anak Muda Indonesia’ Top Karir memang menyasar fresh graduate dan profesional muda yang masih dan ingin mencari pekerjaan sesuai dengan passion mereka.

Kelebihan: Ada berbagai tips & trik dunia kerja, cara melamar pekerjaan sangat mudah, tersedia informasi tentang softskill dan pelatihan kerja.

7. Glints

Sebagai situs lowongan pekerjaan, Glinnts berkesan ‘kekinian’. Dengan motto ‘membantu anak muda menemukan kesempatan karier yang tepat dan perusahaan mendapatkan kandidat terbaik.’ Lebih dari 200 ribu anak muda karirnya terbantu oleh Glints.

Kelebihan: Banyak tips seputar dunia kerja dan softskill tertentu yang diperlukan untuk suatu bidang pekerjaan yang ingin di tekuni.

8. Urbanhire

Sebagai Website Lowongan Kerja Terpercaya, Urbanhire mengumpulkan beragai lowongan pekerjaan dari banyak sumber yang berbeda. Jadi, tidak perlu susah mencari jenis pekerjaan yang setipe di situs-situs lain.

Kelebihan: Pencari kerja dapat menemukan pekerjaan dari berbagai portal lowongan dan perusahaan dan terdapat tips karir yang bisa kita ikuti.

9. Tech in Asia

Tech in Asia sebenarnya bukan hanya website lowongan kerja. Tech in Asia lebih banyak membahas mengenai dunia dan industri Startup di kawasan Asia. Tak heran, lowongan pekerjaanyang ada di situs Tech in Asia, sebagian besar berasal dari perusahan Startup atau IT.

Kelebihan: Banyak update mengenai dunia Startup, proses apply lamaran sangat mudah dan fokus pada pekerjaan di bidang atau perusahaan Startup.

10. Kalibrr

Perusahaan besar seperti GO-JEK banyak menaruh lowongan pekerjaannya di situs ini. Kalibrr juga banyak menampilkan lowongan pekerjaan NonGovernment Organization seperti UNDP .

Kelebihan: Banyak perusahaan besar memasang iklan lowongan kerja di sini dan ada test softskill yang bisa langsung dilakukan sebelum melamar pekerjaan.\

itu dia beberapa situs yang bisa kalian gunakan sebagai referensi untuk mencari pekerjaan secara online. Semangat mencari pekerjaan semoga kalian semua mendapat pekerjaan yang kalian inginkan.

Terimakasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here