Serba Serbi Tentang Asuransi Buat Kamu Yang Belum Tahu

0
32

Selamat datang teman teman, sudah lama sekali rasanya semenjak postingan saya yang terakhir yang membahas tentang planet yang ada di sistem tata surya. Di artikel terbaru sekarang ini saya ingin menjelaskan secara lengkap masalah Asuransi. Jadi pada artikel ini saya akan membahas secara lengkap masalah asuransi mulai dari awal sampai akhir mungkin bentuk artikel ini bisa menjadi makalah asuransi. So, Buat kamu yang belum paham banget mengenai asuransi bisa membaca artikel ini dari awal sampai akhir. Silakan disimak

asuransi kesehatan

1.Pengertian Asuransi

Asuransi berasal dari serapan bahasa inggris yaitu “insurance” yang berarti pertanggungan atau asuransi, dalam (bahasa Belanda: verzekering atau Assurantie) yang berarti serupa yaitu asuransi. Istilah “diasuransikan” biasanya merujuk pada segala sesuatu yang mendapatkan perlindungan.

Baca Juga : Bagaimana Cara Untuk Mencari Uang Di Internet

Asuransi adalah pertanggungan atau perjanjian antara dua belah pihak, yang mana pihak berkewajiban membayar iuran/kontribusi/premi. Sementara pihak asuransi memiliki kewajiban memberikan jaminan sepenuhnya kepada pembayar iuran/kontribusi/premi apabila terjadi sesuatu yang menimpa pihak pemegang polis atau barang miliknya sesuai dengan perjanjian yang sudah dibuat.

2.Dasar hukum

Asuransi dalam Undang-Undang No. 2 Th 1992
Tentang usaha perasuransian adalah perjanjian antara dua pihak atau lebih, di mana pihak penanggung mengikatkan diri kepada tertanggung, dengan menerima premi asuransi, untuk memberikan penggantian kepada tertanggung karena kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan atau tanggung jawab hukum pihak ke tiga yang mungkin akan diderita tertanggung, yang timbul dari suatu peristiwa yang tidak pasti, atau memberikan suatu pembayaran yang didasarkan atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan.

3.Macam-macam Asuransi

A.Asuransi daring atau Asuransi online

Asuransi daring atau Asuransi online merupakan produk asuransi yang bisa dibeli lewat internet dan pemrosesan klaim pun bisa dilakukan lewat daring atau online. Perkembangan asuransi online dipengaruhi oleh kemajuan internet dan kemajuan sistem transaksi. Asuransi online disediakan kelebihan beragam metode pembayaran dimulai dengan pembayaran kartu kredit dan didukung oleh sistem internet banking, sehingga transaksi lebih fleksibel dimanapun dan kapanpun.

B.Asuransi Dwiguna

Asuransi Dwiguna adalah proteksi yang memberikan jumlah pertanggungan saat tertanggung meninggal dalam periode tertentu, sekaligus memberikan seluruh uang pertanggungan jika selama pemegang polis hidup pada masa akhir pertanggungan. Karena memberikan dua manfaat sehingga asuransi ini dinamakan dwiguna. Asuransi ini disarankan bagi pemegang polis yang ingin tertanggung terlindung dari dampak keuangan karena kematian dini.

C.Asuransi Ekawaktu atau berjangka (term life insurance)

Asuransi Ekawaktu atau berjangka (term life insurance) adalah asuransi jiwa paling sederhana dan murah. Disebut ekawaktu atau berjangka karena hanya memberikan perlindungan asuransi dalam jangka waktu tertentu. Bila Anda berumur panjang sampai masa pertanggungan berakhir, Anda biasanya tidak mendapatkan apa-apa (uang preminya “hangus”). Asuransi berjangka juga tidak memiliki unsur tabungan sehingga Anda tidak dapat menguangkannya.

D.Asuransi Kendaraan Asuransi Mobil, Asuransi Motor dan Jenis Perlindungan

D-1. Komprehensif (Comprehensive)
Jaminan ganti rugi/biaya perbaikan atas kehilangan/kerusakan sebagian maupun keseluruhan pada kendaraan akibat kejatuhan benda, kebakaran, perbuatan jahat, pencurian, perampasan, tabrakan, benturan atau kecelakaan lalu lintas lainnya. (mengacu pada PSAKBI dengan Usia Maks. 8 tahun)

D-2. Total Loss Only (TLO)
Jaminan ganti rugi atas kehilangan/kerusakan total pada kendaraan akibat dari kejatuhan benda, kebakaran, perbuatan jahat, pencurian, perampasan, tabrakan, benturan atau kecelakaan lalu lintas lainnya. (mengacu pada PSAKBI dengan Usia Maks. 15 tahun)
Asuransi tanggung gugat (Liability Insurance) adalah jenis asuransi yang dipertanggungkan kerugian material akibat tanggung jawab hukum kepada pihak lain.

E. Asuransi Tanggung Gugat Perorangan

Asuransi ini menanggung seseorang dari tuntutan pihak ketiga dalam kedudukannya sebagai pribadi perorangan. Kemungkinan timbul karena perbuatan-perbuatan antara lain: a. Yang dilakukannya sendiri
b. Pada waktu menggunakan benda miliknya (misalnya kendaraan)
c. Yang dilakukan oleh orang atau binatang yang menjadi tanggungannya.

F. Asuransi Tanggung Gugat Untuk Pengusaha

Termasuk kedudukan tertanggung sebagai pemilik perusahaan, produsen, majikan. Mencakup 3 (tiga) jenis, yaitu public liability, product liability & employer’s liability.

F-1. Public Liability
Public Liability Insurance adalah asuransi tanggung gugat yang menjamin risiko yang terjadi di dalam lingkungan perusahaan tertanggung.

F-2. Asuransi Produk Liability
Asuransi Produk Liability nama lainnya tanggung gugat hasil produksi, yaitu asuransi yang menjamin pengusaha terhadap risiko digugat pihak ketiga (konsumen) akibat cedera badan atau kerusakan harta benda karena menggunakan hasil produksinya yang sudah beredar di pasaran.

F-3. Asuransi Employers Liability
Asuransi Employers Liability atau Asuransi tanggung gugat majikan. Apabila seorang buruh mendapatkan cedera pada waktu menjalankan tugasnya, maka majikan harus bertanggung jawab. Hal ini sudah diatur dalam Undang-Undang Kecelakaan Tenaga Kerja Tahun 1947.
Peraturan Pemerintah No. 33 tahun 1977, kewajiban majikan memberi santunan pada buruhnya yang mengalami kecelakaan diatur oleh pelaksanaannya adalah perum ASTEK dan perum TASPEN (PP No.34 tahun 1977).

G. Profesional Liability Insurance

Asuransi Tanggung Gugat Untuk Profesional, yaitu asuransi yang memberi jaminan penggantian kepada pemegang profesi (arsitek, debitur, pengacara, dan sebagainya). Terhadap risiko digugat oleh kliennya karena kesalahannya atau kelalaiannya menyebabkan kliennya menderita badan atau kerugian harta benda.Sebagai contoh: Dokter bedah yang terlupa meninggalkan pinset diperut pasien.

H.Asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan adalah sebuah jenis produk asuransi yang secara khusus menjamin biaya kesehatan atau perawatan para anggota asuransi tersebut jika mereka jatuh sakit atau mengalami kecelakaan. Secara garis besar ada dua jenis perawatan yang ditawarkan perusahaan-perusahaan asuransi, yaitu rawat inap (in-patient treatment) dan rawat jalan (out-patient treatment).

Produk asuransi kesehatan diselenggarakan baik oleh perusahaan asuransi sosial, perusahaan asuransi jiwa, maupun juga perusahaan asuransi umum.
Asuransi sosial merupakan asuransi yang menyediakan jaminan sosial bagi anggota masyarakat yang dibentuk oleh pemerintah berdasarkan peraturan-peraturan yang mengatur hubungan antara pihak asuransi dengan seluruh golongan masyarakat.

Tujuan asuransi sosial meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama para pegawai dan pensiun.

I.Asuransi Syariah

Asuransi Syariah adalah asuransi berdasarkan prinsip syariah dengan usaha tolong-menolong (ta’awuni) dan saling melindungi (takafuli) diantara para Peserta melalui pembentukan kumpulan dana (Dana Tabarru’) yang dikelola sesuai prinsip syariah untuk menghadapi risiko tertentu.

4.Sejarah Asuransi Di Indonesia

A.Perusahaan Asuransi

Asuransi sudah dimulai sejak Tahun 3000 – 2000 SM digunakan oleh para saudagar dan pedagang Cina maupun Babylonia (Irak). Asuransi dilakukan pada Abad Pertengahan Eropa sampai Era Revolusi Industri (pada Tahun 1400 – 1800).

B.Asuransi di Masa Penjajahan Belanda

Perkembangan Asuransi di Indonesia berasal dari pemerintah Belanda pada tanggal 31 Desember 1859 didirikan perusahaan asuransi pertama kali bernama NILLMIJ, Nederlandsch Indiesche Levensverzekering en Liffrente.

C.Asuransi Setelah Kemerdekaan

Pada tahun 1957 perusahaan asuransi jiwa milik Belanda dinasionalisasi sejalan dengan program Indonesianisasi perekonomian Indonesia.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 23 tahun 1958, Tanggal 17 Desember 1960, NILLMIJ dinasionalisasi dengan mengubah namanya menjadi PT Perusahaan Pertanggungan Djiwa Sedjahtera. Setelah itu mengalami perubahan nama dan pada tanggal 14 Juli 2003 menjadi PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

Sampai sekarang pemerintah Indonesia terus membuat perusahaan-perusahaan baru yang bergerak di bidang asuransi seperti Asuransi Jasa Rahardja (yang berfokus pada risiko lakalantas), Perum Taspen (asuransi dan tabungan pegawai negeri), Perum Asabri (asuransi untuk AKABRI), Perum Askes (asuransi kesehatan pegawai negeri), dan Jamsostek yang berganti menjadi BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan(asuransi tenaga kerja perusahaan swasta).

5.Penutup Tentang Asuransi

Sekian Artikel tentang asuransi ini semoga bisa membantu teman teman yang belum mengetahui seluk beluk masalah asuransi menjadi mengerti tentang masalah ini. Semoga setelah membaca artikel ini anda semua tidak bingung lagi untuk memilih kebutuhan asuransi yang berguna untuk anda semua

Jika masih ada yang ingin teman teman tanyakan, silahkan bertanya dikolom komentar.

Terimakasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here