12 Teknik Kilat Belajar Efektif dan Efisien

0
36

”Tuntutlah ilmu sampai negeri Cina” mengandung arti anda harus selalu belajar kapan pun dan dimanapun kita berada. Belajar tidak hanya terbatas pada bangku sekolah atau kuliah saja, namun bermasyarakat atau kehidupan sehari-hari anda selalu dihadapkan pada berbagai pelajaran hidup.

cara belajar kilat efektif dan efisien.png

Meskipun sudah banyak waktu yang kita gunakan untuk aktivitas belajar, terkadang kita tidak tahu cara efektif untuk melakukan aktivitas belajar. Untuk mengerti atau memahami dibutuhkan jalan panjang berliku dan tidak mudah. Jalan pintas malah bisa menyesatkan atau merugikan. Sehingga perlu aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran agar kegiatan belajar menjadi efektif dan efisien.

Membuat persiapan yang matang untuk satu semester ke depan, seperti buku pelajaran, buku tulis atau perlengkapan. Selain itu, ada beberapa hal penting yang perlu di perhatikan.

Pertama, tentukan target di setiap semester
Kedua, buat jadwal harian berisi langkah-langkah mencapai target tersebut.
Ketiga, agar target atau goal-nya lebih cepat, berikut ada beberapa tips bagaimana cara belajar yang efektif.

Tips ini bisa digunakan sendiri, atau dibagi kepada teman anda yang kesulitan dalam belajar secara efektif

Berikut Teknik Kilat Belajar Yang Efektif dan Efisien :

Ambil Kesimpulan dan Integrasikan

Ambil kesimpulan-kesimpulan penting setelah keluar dari kelas atau membaca satu bab buku, dan pikirkan bagaimana kesimpulan-kesimpulan tersebut berhubungan dengan keseluruhan topik dan pengalaman pribadi. Proses ini dikenal integrasi pengetahuan, manfaatnya untuk memperkuat daya ingat dan mengimplementasikan pengetahuan pada kejadian nyata.

Baca : Tips Agar Lolos SBMPTN dan Masuk Ke Universitas Negri

Agar lebih efektif, anda dapat memberitahukan atau mengajarkan orang lain tentang apa yang sudah dipelajari. Menerangkan kesimpulan memerlukan integrasi dan kemampuan meringkas dan itu adalah cara terbaik untuk mengevaluasi kekurangan dalam pengetahuan yang dimiliki.

Cari Kerangka Materi Selanjutnya

Setelah mengulang kembali pelajaran yang telah didapat. Setelah itu baca singkat dua halaman materi berikutnya untuk mencari kerangkanya. Ketika pelajaran tersebut diterangkan guru esoknya, anda sudah punya gambaran atau dasarnya, tinggal menambahkan saja apa yang belum diketahui. Jadi, tinggal mengulang saja untuk mencari kesimpulan atau ringkasan.

Konsentrasi Penuh

Konsentrasi penuh ketika mendengarkan pelajaran yang disampaikan guru atau dosen. Materi yang anda dengar akan mudah diingat begitu menghafal ulang pelajaran tersebut.

Gunakan Buku Catatan yang Berbeda

Selalu menggunakan buku catatan yang berbeda pada setiap mata pelajaran. Cara ini dinilai lebih teratur sehingga pada waktu ingin mengulang suatu pelajaran kita tidak perlu lagi harus membuka semua buku.

Tes Diri Sendiri

Mengetes diri sendiri memiliki dua keuntungan. Pertama, karena prosesnya yang mengambil ingatan dari pikiran, hal ini dapat meningkatkan kemampuan mengingat. Kedua, mengetes diri sendiri dapat menguji apakah cara belajar sudah efektif atau tidak.

Hindari Mental SKS

Jangan kebiasaan melakukan SKS ( Sistem Kebut Semalam ), belajar mendadak menjelang tes memang tidak efektif. Paling tidak sebulan sebelum ulangan adalah masa ideal untuk mengulang materi pelajaran. Caranya: Buatlah ringkasan atau kesimpulan disetiap pelajaran, gunakan tabel atau gambar ilustrasi agar lebih mudah diingat.

Temukan Waktu Terbaik

Temukan waktu belajar yang paling baik misalnya belajar ketika pagi hari, karena badan masih segar setelah tidur cukup pada malam hari. Pagi hari saat konsentrasi penuh pada pelajaran di kelas dan siangnya cobalah untuk mengulang kembali. Malam hari hanya digunakan untuk mengerjakan aktivitas ringan atau pekerjaan rumah. Sehingga anda tidak pernah begadang.

Hindari Capek

Jangan memaksa jika badan sudah lelah atau capek, berhenti sejenak dari olah raga atau kegiatan fisik lainnya sehari menjelang ulangan umum. Jika badan capek, sangat susah fokus dan berkonsentrasi.

Cari Solusi yang Lebih Baik

Jika tidak mengerti bahan yang diajarkan pada hari ini, jangan hanya membaca ulang bahan tersebut. Gunakan cara lain, contohnya diskusikan bahan tersebut dengan guru atau dosen pengajar, teman, kelompok belajar atau dengan pembimbing akademis. Penjelasan mereka membuat anda mendapatkan pemahaman yang lebih baik. Pada akhirnya, lebih memaksimalkan agar belajar efektif.

Kerjakan Dulu Mana yang Penting

Dimulai kerjakan prioritas-prioritas yang telah sudah anda tentukan. Jangan biarkan orang lain atau hal lain mengalihkan konsentrasi (fokus) anda dari tujuan awal. Melakukan pekerjaan dengan keterpaksaan, bukan berasal dalam hati menjadikan belajar tidak efektif.

Cobalah Musik Klasik

Bukan sembarang musik, tapi cobalah musik yang tenang tapi menggugah. Musik klasik seperti Beethoven atau Mozart dapat dicoba. Musik tipe ini cocok selama mengerjakan tugas yang jawabannya pasti, seperti matematika, ilmu alam atau bahasa asing.

Bertanggung Jawab Atas Diri Sendiri

Tanggung jawab merupakan tolok ukur sederhana dimana anda sudah mulai berusaha menjalankan sendiri prioritas, waktu dan sumber-sumber terpercaya dalam mencapai kesuksesan belajar. Misalnya berkonsentrasi pada pelajaran di kelas, mengulang pelajaran walau bukan saat menghadapi ujian.

Sukses adalah hak setiap orang yang berani memperjuangkannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here