Begini Sejarah Bagaimana Terbentuknya ASEAN

0
8

Selamat datang teman teman pada artikel kali ini saya ingin membahas tentang sebuah organisasi di asia tenggara. Nama organisasi ini adalah (Association of South East Asian Nations) atau biasa kita sebut dengan ASEAN. Pada artikel ini saya akan membahas secara lengkap tentang organisasi di asia tenggara ini. Mulai dari sejarah bagaimana terbentuknya sampai hal hal lainnya yang masih berhubungan dengan ASEAN.

logo dari organisasi ASEAN

Sejarah Berdirinya ASEAN

Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara(Perbara) atau Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) adalah organisasi antarpemerintah di Asia Tenggara dengan Semboyan: “One Vision, One Identity, One Community” dengan lagu kebangsaan The ASEAN Way.

ASEAN termasuk organisasi geo-politik dan ekonomi dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara, didirikan di Bangkok, 8 Agustus 1967 berdasarkan Deklarasi Bangkok oleh 5 negara terdiri dari : Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Landasan didirikannya ASEAN

Deklarasi Perbara atau Deklarasi Bangkok adalah landasan kesepakatan untuk mengadakan kerja sama regional dalam bidang ekonomi, sosial dan kebudayaan di Asia Tenggara.

Baca Juga : Serba Serbi Tentang Asuransi Buat Kamu Yang Belum Tahu

Deklarasi ini didirikan dengan pertimbangan bahwa negara-negara di Asia Tenggara mempunyai tanggung jawab untuk memperkuat stabilitas ekonomi dan sosial, menjamin adanya perdamaian dan laju pembangunan nasional serta memastikan adanya stabilitas keamanan dari campur tangan luar dengan segala bentuk manifestasinya.

Sekaligus dalam deklarasi tersebut dinyatakan pendirian perhimpunan di kawasan Asia Tenggara (ASEAN).

Isi Deklarasi Bangkok
1. Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan perkembangan kebudayaan di kawasan Asia Tenggara

2. Meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional

3. Meningkatkan kerja sama dan saling membantu untuk kepentingan bersama dalam bidang ekonomi, sosial, teknik, ilmu pengetahuan, dan administrasi

4. Memelihara kerja sama yang erat di tengah – tengah organisasi regional dan internasional yang ada

5. Meningkatkan kerja sama untuk memajukan pendidikan, latihan, dan penelitian di kawasan Asia Tenggara

Sejarah ASEAN

Tanggal 7 Januari 1984, Brunei Darussalam ( seminggu pasca memperingati hari kemerdekaannya). Brunei Darussalam menjadi anggota pertama ASEAN selain 5 negara pemrakarsa (Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand).

Tanggal 28 Juli 1995, ASEAN menerima anggota baru Vietnam yang menjadi anggota yang ke-7 . Tanggal 23 Juli 1997, Laos dan Myanmar menjadi anggota ASEAN,.

Walaupun Kamboja berencana untuk bergabung menjadi anggota ASEAN bersama dengan Myanmar dan Laos, walaupun disebabkan masalah politik internal negeri Kamboja.

Tanggal 16 Desember 1998 Kamboja akhirnya bergabung menjadi anggota ASEAN.

Setelah ke semua negara di Asia Tenggara bergabung dalam wadah ASEAN, sebuah negara kecil di Tenggara Indonesia yang tak lain dan tak bukan juga pecahan dari Indonesia yaitu Timor Leste memutuskan untuk ikut bergabung menjadi anggota Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara, meskipun keanggotaannya belum dipenuhi.

Negara Yang Menjadi Anggota ASEAN

Sekarang, ASEAN beranggotakan semua negara di Asia Tenggara. Berikut ini adalah negara-negara anggota ASEAN:

Filipina bergabung pada (negara pendiri ASEAN)
Indonesia bergabung pada (negara pendiri ASEAN)
Malaysia bergabung pada (negara pendiri ASEAN)
Singapura bergabung pada (negara pendiri ASEAN)
Thailand bergabung pada (negara pendiri ASEAN)
Brunei Darussalam bergabung pada (7 Januari 1984)
Vietnam bergabung pada (28 Juli 1995)
Laos bergabung pada (23 Juli 1997)
Myanmar bergabung pada (23 Juli 1997)
Kamboja bergabung pada (30 April 1999)

Lagu ASEAN

The ASEAN Way (bahasa Indonesia: Jalan ASEAN) adalah himne yang menjadi simbol Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN) diciptakan oleh Payom Valaiphatchra dan aransemen dibuat oleh Kittikhun Sodpraset.

Lagu ini terpilih oleh suatu tim beranggotakan 13 orang (sepuluh orang mewakili setiap negara anggota plus tiga orang dari Cina, Jepang, dan Australia) yang ditunjuk oleh Sekretariat Jenderal ASEAN.

The ASEAN Way merupakan lagu resmi sebagai pengganti lagu regional de facto sebelumnya, ASEAN Hymn, yang dianggap kurang bersemangat oleh beberapa negara anggota. Panel juri dengan bulat memutuskan The ASEAN Way sebagai lagu regional resmi ASEAN pada putaran akhir tanggal 20 November 2008.

Prinsip utama ASEAN

Adapun prinsip utama dalam kerja sama ASEAN, seperti yang terdapat dalam Treaty of Amity and Corporation of South East Asian (TAC) pada tahun 1976 adalah :
(i) saling menghormati,
(ii) kedaulatan dan kebebasan domestik tanpa adanya campur tangan dari luar,
(iii) non inteference,
(iv) penyelesaian perbedaan atau sengketa dengan cara damai,
(v) menghindari ancaman dan penggunaan kekuatan/senjata, dan
(vi) kerja sama efektif antara anggota.

Arti Dari Logo/Lambang ASEAN

arti logo asean

yang terakhir yang akan saya bahas dari ASEAN ini adalah arti dari lambang atau logo organisasi tersebut, langsung saja kita mulai dari warnanya dulu.

Biru : Melambangkan keamanan dan Kestabilan

Merah : Melambangkan Semangat dan Dinamisme

Kuning : Kemakmuran

Putih : Ketulenan

selanjutnya ada gambar dan bentuk bentuknya

10 Tangkai Padi : Melambangkan 10 Anggota ASEAN yang bersatu dan Bersahabat

Bulat : Melambangkan persatuan dari negara negara anggota ASEAN

itu dia teman teman bahasan mengenai seluk beluk organisasi ASEAN, Semoga setelah membaca artikel ini teman teman bisa mengerti dan semakin bangga tinggal di kawasan ASIA Tenggara ini. Jika masih ada pertanyaan seputar ASEAN teman teman bisa bertanya melalui kolom komentar yang ada dibawah

Terimakasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here