Pengertian Tentang Apa Itu Invoice Beserta Contoh Invoice

0
285

Selamat datang, Dikesempatan hari ini saya ingin memberikan artikel tentang Invoice jadi di artikel ini yang akan saya bahas adalah tentang “apa itu invoice ? , bagaimana cara membuat invoice ? , serta saya akan memberikan beberapa contoh invoice yang bisa teman teman gunakan sebagai referensi dalam membuat sebuah invoice. Langsung saja tanpa berlama lama mari kita masuk ke pembahasannya.

apa itu invoice dan contoh invoicenya

Invoice adalah surat penagihan yang dikeluarkan pihak penjual kepada pelanggan sesuai dengan kesepakatan yang tertera pada purchase order (PO). Invoice berupa rincian barang atau jasa dengan harga sesuai PO dan keterangan yang telah tertulis tersebut tidak diperkenankan diubah walaupun harga yang telah disesuaikan telah mengalami kenaikan dari pemasok.

Pengertian Invoice

Invoice (Tagihan atau faktur ) bahasa Belanda: factuur, yaitu sebuah perincian pengiriman barang yang mencatat daftar barang, harga dan hal-hal lain berkaitan dengan pembayaran.

Baca Juga : Bagaimana Membangun Mindset Pebisnis Internet yang Sukses?

Bagian – Bagian Invoice

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Invoice adalah daftar barang kiriman yang dilengkapi dengan catatan nama, jumlah, dan harga yang dikeluarkan penjual dan harus dibayar oleh pembeli atau pelanggan.

Invoice memiliki tiga lembar kertas yang digunakan untuk pembeli yang telah melunasi pembayarannya, satu lembar sebagai arsip penjualan, dan satu lembar lagi digunakan untuk laporan bagian keuangan. Invoice juga akan menjadi bukti transaksi penjualan yang dilakukan secara kredit.

Baca Juga : Cara Mencari Uang Di Internet

Cara Membuat Invoice

Menurut Sugeng Hariyanto, pengertian Invoice adalah suatu catatan yang menggambarkan barang-barang yang dikirimkan kepada pembeli beserta harganya. Catatan ini dibuat oleh penjual dan biasanya dikirimkan kepada pembeli untuk meminta pembayaran…”
Dibawah ini merupakan beberapa komponen di dalam pembuatan Invoice atau Faktur :

1. Nomor urut invoice
2. Purchase order/ nomor order
3. DO/ SJ atau kode nomor transaksi DO/ SJ
4. Detail barang
5. Sub Total
6. Diskon (bila ada)
7. Biaya pengiriman (bila ada)
8. Biaya PPN
9. Total Biaya

  • Pastikan jika anda membuat invoice yang sederhana dan mudah dimengerti oleh pelanggan.
  • Cantumkan nama barang atau jasa dengan menuliskan nama produk secara lengkap sehingga memudahkan pelanggan dalam mengetahui barang dan jasa apa yang mereka pesan.
  • Letakkan pula logo perusahaan agar dapat membantu pelanggan mengidentifikasi bisnis anda
  • Penambahan logo dapat membuat perusahaan anda terlihat lebih profesional.
    Jenis-Jenis Invoice atau Faktur

Invoice atau faktur dibedakan lagi ke dalam beberapa jenis, Berikut Jenis Jenis Invoice

1. Invoice Biasa

Merupakan jenis invoice yang paling sering dan umum digunakan ketika bertransaksi sederhana dalam transaksi jual beli. Invoice atau faktur biasa diberikan kepada transaksi secara umum dengan sistem sederhana.Isi dari invoice biasa sangat sederhana. Berupa rincian item, jumlah, harga item, dan harga totalnya.

2. Invoice Proforma

Invoice Proforma adalah invoice pengganti ketika barang yang dikirimkan, dilakukan secara bertahap atau terpisah.Faktur proforma digunakan oleh pembeli ketika melakukan pembayaran. Hal tersebut dikarenakan pihak pembeli membeli barang berdasarkan faktur proforma, namun barangnya belum diterima secara keseluruhan.
Ketika seluruh pesanan telah diterima pelanggan maka penjual akan menyerahkan invoice atau faktur utuh (faktur biasa) apabila seluruh barang yang dipesan telah diterima secara utuh.

3. Invoice Konsuler

Invoice Konsuler atau faktur khusus dipergunakan dalam perdagangan internasional (eksport-import) . Sebelum diserahkan ke penerima, faktur ini harus mendapatkan legalisasi yang kemudian akan disahkan oleh perwakilan negara tujuan pengimpor.
“Di dalam invoice konsuler diwajibkan adanya pengesahan dan persetujuan dari perwakilan negara yang mengimpor, kantor konsuler, dan kedutaan besar negara pengimpor yang ada di negara pengekspor”.

Contoh Contoh Invoice : 

 

gambar contoh invoice sederhana

Contoh Invoice Sederhana
Biasanya terdiri dari :
1. Nama pelanggan
2. Nama penjual
3. Keterangan Purchase Order
4. Keterangan barang/ jasa yang dibeli
5. Total biaya

 

gambar contoh invoice

Contoh Invoice Proforma
Biasanya terdiri dari :
1. Nama pelanggan
2. Nama penjual
3. Keterangan Purchase Order
4. Keterangan barang
5. Sub Total
6. Diskon (bila ada)
7. Biaya pengiriman (bila ada)
8. Biaya PPN
9. Total Biaya
10. No. Surat Jalan
11. Cara pembayaran

Contoh Invoice Konsuler
Biasanya terdiri dari :
1. Kode dan Nomor Seri Faktur
2. Nama Penjual
3. Nama Pembeli
4. Keterangan Purchase Order
5. Keterangan barang
6. Sub Total
7. Diskon (bila ada)
8. Biaya pengiriman (bila ada)
9. Biaya PPN
10. Total Biaya

Itu dia sedikit banyak pembahasan tentang invoice semoga dengan adanya artikel ini teman teman bisa terbantu dalam hal membuat invoice, Jika masih ada yang ingin ditanyakan silahkan bertanya dikolom komentar yang sudah disediakan terimakasih.

Referensi
Apa Itu Invoice? Kenali Istilah, Jenis, dan Fungsinya – Goukm.id
Pengertian Invoice Secara Umum – www.maxmanroe.com
Tagihan – wikipedia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here