Ingin Kuliah di Jurusan Kedokteran Coba Baca Ini Deh

0
18

Selamat datang teman teman, di artikel kali ini saya ingin menjelaskan kepada anda semua tentang apa sih jurusan kedokteran itu? , apa untungnya dan kenapa harus memilih jurusan kedokteran sebagai jurusan kuliah anda. maka dari itu disini saya sudah merangkumnya dari berbagai sumber. Jadi buat kamu yang ingin kuliah dijurusan kedokteran namun tidak tahu tentang jurusannya maka artikel ini layak untuk anda baca sampai habis sampai bawah.Langsung saja tanpa basa basi silahkan dibaca artikelnya.

fakultas kedokteran

Sekolah fakultas kedokteran memiliki sejarah panjang dimulai pada tahun 1220 di daerah Montpellier, didirikan sebuah sekolah kedokteran tertua di dunia.Tidak ketinggalan di Indonesia ditulis dalam buku berjudul ”Ontwikkeling Van Het Geneeskundig Onderwijs Te Weltevreden 1851-1926” (Perkembangan Pendidikan Kedokteran di Weltevreden. G. Kolff Weltevreden – 1926) dan buku berbahasa Indonesia berjudul “125 Tahun Pendidikan Dokter di Indonesia 1851-1976″ (Fak. Kedokteran UI, 1976) yang menceritakan sejarah perkembangan sekolah kedokteran dari jaman belanda hingga terbentuknya STOVIA (sekolah kedokteran pertama di Indonesia).

Seluruh siswa STOVIA banyak sekali yang bukan berasal dari kalangan ningrat/bangsawan melainkan dari tingkat priyayi rendahan.STOVIA menghasilkan golongan elit baru yang disebut “Robert Van Niel” sebagai “Prototype pegawai pemerintah dan intelektual abad dua puluh.” Sebagian dari kalangan intelektual inilah akhirnya menentang pemerintah kolonial dan menjadi penggerak kesadaran nasional atas perlakuan Belanda semena-mena terhadap kaum pribumi.

Baca Juga : Ingin Kuliah Jurusan Hubungan Internasional ? Baca Ini Dulu

Menurut Wikipedia, Sekolah kedokteran atau fakultas kedokteran adalah sebuah institusi pendidikan tertiari atau bagian dari institusi tersebut, yang terlibat dalam pendidikan pelaku medis masa depan (dokter medis).

 

Penjelasan Jurusan kedokteran

Kedokteran (bahasa Inggris: medicine) adalah ‘ilmu dan praktik dari diagnosis’, pengobatan, dan pencegahan penyakit. Kata medicine merupakan bahasa Latin medicus, yang berarti “dokter”.

Menurut Merriam-Webster, Ilmu Kedokteran didefinisikan sebagai:
“ilmu atau seni yang berkecimpung dalam pemeliharaan kesehatan, serta pencegahan, pengobatan atau penatalaksanaan penyakit.”

Artinya, jurusan kedokteran merupakan ilmu yang mempelajari tata cara kerja tubuh manusia, kesetimbangannya, faktor-faktor yang dapat mengganggu fungsi dan kesetimbangan tersebut, sekaligus cara mempertahankan dan mengembalikan ketidakseimbangan dan gangguan fungsi tersebut ke fungsi dan kesetimbangan yang normal.

Ilmu Kedokteran pada jurusan kedokteran berfokus pada kesetimbangan tubuh. Misalnya disaat mempelajari penyakit yang menyerang suatu organ, anda harus dapat mengaitkannya dengan kondisi organ-organ lain, bahkan menganalisisnya sampai tahap sel.

 

Kenapa Harus Pilih Jurusan Kedokteran

Pemahaman Konsep yang Kuat di Biologi, Kimia, hingga Fisika dan Matematika

Tidak hanya mengetahui biologi saja tetapi anda juga harus memahami fungsi dari keseluruhan organ dan anggota tubuh yang ada di dalam tubuh manusia beserta interaksinya hingga dapat berfungsi dengan penuh.

Dan tentunya selain ilmu Biologi ditunjang juga ilmu yang lain seperti matematika, kimia dan fisika misalnya, Reaksi kimia memandu banyak proses biologis, tiap zat yang ada atau masuk ke dalam tubuh harus tepat dosis agar tidak menimbulkan efek samping hingga memahami bagaimana alat X-Ray bekerja dengan konsep Fisika Kuantum.

Jadi jika memang mengusai semua mata pelajaran diatas dan memang niat untuk menjadi seorang dokter maka jurusan kedokteran merupakan jurusan yang paling tepat

 

Kemampuan Berpikir Sistematis

Jurusan Kedokteran berfokus pada interaksi antar sel dan sistem organ tubuh.
Tubuh manusia dianalogikan sebagai suatu pabrik yang terbagi menjadi berbagai unit kerja.

Tubuh manusia membentuk suatu alur yang dalam fungsi optimalnya memberikan dan memasok segala macam zat yang diperlukan untuk menjalankan fungsi kehidupan. Sekaligus mengeluarkan segala zat sisa atau racun.

Sehingga dibutuhkan skill untuk berpikir secara menyeluruh atau sistematis untuk memahami tubuh manusia secara menyeluruh sekaligus penyebab atau gejala penyakit
Jadi jika anda memiliki skill berpikir sistematis, berpikir cepat namun akurat dan memiliki ketelitian tak salah jika anda memilih jurusan ini

 

Kemampuan Bahasa Inggris atau Latin

Jika kuliah kedokteran secara tak langsung anda akan mempelajari kosakata medis berbahasa asing selain bahasa inggris seperti bahasa latin. Nah jika ada termasuk seorang pencinta matematika, biologi, kimia dan fisika sekaligus gemar melafalkan kosakata asing dan belajar bahasa asing tak ada salahnya menambahkan jurusan kedokteran di dalam list.

 

Bermental kuat

Jika anda termasuk orang yang ulet dan gigih serta pantang menyerah dalam melakukan segala sesuatu tak salahnya mencoba untuk kuliah di jurusan kedokteran selain pintar dalam akademik sebenarnya diperlukan mental kuat baik jiwa dan raga dalam menempuh proses pendidikan kedokteran yang lama dan membutuhkan kesabaran ekstra dibanding jurusan mata kuliah yang lainnya.

 

Kelebihan Jurusan Kedokteran

Jurusan kedokteran merupakan jurusan dengan stigma “prestisius”. Ada perasaan bangga karena dapat menyembuhkan dan mengobati penyakit seorang pasien.Menghargai hidup sehat jauh lebih indah dan menjadi lebih bersyukur atas segalanya Menolong sesama melalui ilmu yang sudah diajarkan.

Universitas Kedokteran Terbaik

1. Universitas Kedokteran Gadjah Mada (UGM)
2. Universitas Kedokteran Tarumanagara (UNTAR)
3. Universitas Kedokteran Padjajaran (UNPAD)
4. Universitas Kedokteran UNIKA ATMA JAYA
5. Universitas Kedokteran Diponegoro (UNDIP)
6. Universitas Kedokteran Airlangga (UNAIR)
7. Universitas Kedokteran Negeri Lampung (UNILA)
8. Universitas Kedokteran Sumatera Utara (USU)
9. Universitas Kedokteran Andalas
10. Universitas Kedokteran Kristen Indonesia (UKI)

 

Referensi Artikel tentang Jurusan Kuliah Kedokteran

Yakin mau masuk Kedokteran? Baca ini dulu! www.zenius.net
Sekolah kedokteran – wikipedia
Kedokteran – wikipedia
STOVIA: Sejarah Pendidikan Dokter Indonesia – hariansejarah.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here