Langkah langkah Cara Membuat Tempe Langsung Bisa

0
8

Cara Membuat Tempe – Kedelai berdasar klasifikasi ilmiah berasal dari Kingdom Platae, Kelas Magnoliopsida, Ordo Fabales, family Fabaceae, Genus Glycine (L.) Merr dengan 2 spesies yaitu Glycine max dan Glycine soja.

cara mudah untuk membuat tempe

Kedelai merupakan tanaman jenis polong-polongan yang telah dibudidayakan sejak 3500 tahun lalu di Asia Timur seperti Cina dan Jepang.

Baca juga : Bagaimana Cara Untuk Mencari Uang Di Internet

Kedelai (sojaboon) bhs belanda, (soja, soja bohne) bahasa Jerman, (soybean) bahasa Inggris, (kedele) bahasa Indonesia ; dapat diolah menjadi berbagai macam olahan seperti olahan susu kedelai, kecap, tahu, sampai tempe. Dan merupakan sumber utama protein nabati dan minyak nabati didunia.

Paman Sam adalah penghasil kedelai terbesar di dunia walaupun baru dibudayakn di luar Asia setelah tahun 1910. Kedelai yang dibudidayakan adalh Glycine max (G. max/G. soja subsp. max) keturunan domestikasi dari spesies aslinya Glycine soja.

Tempe atau soybean cake adalah makanan yang murah tapi tidak murahan merupakan makanan yang terbuat dari kedelai melalui proses fermentasi dengan ragi tempe. Makanan tradisonal Indonesia ini memang kaya kandungan gizi dan sumber protein nabati (tumbuh-tumbuhan) yang baik dikonsumsi sebagai pengganti protein hewani (hewan).

Tempe kaya kandungan Protein Nabati 34,9%, 8 Asam Amino Essensial, ternyata tempe juga mengandung mineral seperti Kalsium, Fosfor, Zat Besi dan Magnesium yang sangat dibutuhkan tubuh. Juga mengandung Vitamin A, B6 dan Folat.

Alat dan Bahan Membuat Tempe :

  • Biji Kedelai ½ kg
  • Ragi Tempe ¼ sdt
  • Wadah/Baskom
  • Saringan
  • Dandang/Panci
  • Kipas angin
  • Sotel kayu
  • Tampah
  • Kompor
  • Daun pisang/kantong plastik

Langkah-langkah Cara membuat tempe :

  1. Cuci bersih biji kedelai. Lalu rendam selama 5-10 jam sampai kulitnya mengelupas dan lunak teksturnya kemudian tiriskan airnya
  2. Kemudian rebus biji kedelai 15- 20 menit semakin banyak kedelai semakin lama proses perebusannya.
  3. Selama biji kedelai direbus, pastikan semua peralatan seperti saringan, wadah/ baskom, tampah, saringan telah benar-benar bersih.
  4. Kemudian letakkan biji kedelai yg telah direbus pada tampah dan dikipasi dengan kipas angin agar tidak terlalu panas.
  5. Masukkan ragi tempe ke biji kedelai secara merata, aduk rata.
  6. Masukkan biji kedelai yang sudah diberi ragi pada daun pisang atau kantong plastik. Untuk tebal tipisnya sesuaikan dengan selera.
  7. Untuk mendapatkan tempe yang baik, waktu yang dibutuhkan untuk proses fermentasi adalah 2 hari dengan suhu kamar (ruangan). Usahakan kacang kedelai sudah tertutupi jamurnya. Silahkan mencoba

itu dia artikel tentang bagaimana cara membuat tempe, semoga dengan adanya artikel ini teman teman menjadi bisa dan mengerti tentang bagaimana langkahnya jika kita ingin membuat makanan dari kedelai satu ini. Jika masih ada yang ingin ditanyakan, silahkan bertanya dikolom komentar.

Referensi :
Cara Membuat Tempe Sendiri Langkah demi Langkah – www.masbroo.com
Cara Membuat Tempe kedelai – unsurtani.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here