Cara Membuat NPWP Secara Online & Offline

0
31

Selamat datang teman teman , kali ini saya ingin memberikan tutorial tentang bagaimana cara untuk membuat NPWP . bagi kamu yang ingin melamar kerja biasanya ada syarat untuk memiliki NPWP ini jadi jika kamu belum bisa atau belum mengerti tentang cara membuatnya , silahkan baca artikel ini sampai habis karena saya sudah menjabarkannya secara lengkap. Baik membuat NPWP secara Online maupun langsung datang ke kantor Pajak atau secara offline. Langsung saja tanpa basa basi silahkan dibaca :

cara membuat npwp secara online dan offline

Apa itu NPWP

Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) merupakan nomor yang diberikan kepada Wajib Pajak (WP) sebagai sarana untuk administrasi perpajakan yang diperuntukkan sebagai identitas wajib pajak untuk melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.

Fungsi NPWP

1. Sarana dalam administrasi perpajakan.
2. Tanda pengenal diri atau Identitas Wajib Pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.
3. Dicantumkan dalam setiap dokumen perpajakan.
4. Sebagai sarana dalam hal Administrasi SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan).
5. Menjaga ketertiban dalam hal pembayaran dan pengawasan administrasi perpajakan
6. Menjadi salah satu persyaratan untuk mendapatkan pelayanan umum, seperti kartu kredit Administrasi bank, paspor, dan persyaratan pegawai untuk beberapa instansi

Siapa yang wajib punya NPWP

Syarat Wajib Pajak (WP)
Seseorang dikatakan sebagai wajib pajak jika telah memenuhi syarat Wajib Pajak. Syarat bagi peserta wajib pajak ialah penghasilan dalam satu tahun melebihi PTKP atau Penghasilan Tidak Kena Pajak. Syarat PTKP sendiri telah diatur dalam PMK No.101/PMK.010/2016 :

1. Untuk wajib pajak orang pribadi Rp 54 juta
2. Tambahan bagi wajib pajak yang telah kawin Rp 4,5 juta
3. Untuk istri dengan penghasilan yang digabungkan dengan suami Rp 54 juta
4. Tambahan maksimal tiga orang untuk keluarga sedarah dalam satu garis keturunan, semenda, atau anak angkat sebesar Rp 4,5 juta

Singkatnya, jika anda memiliki penghasilan sebesar Rp 4,5 juta per bulan, maka anda dibebaskan dari pajak penghasilan. Akan tetapi jika penghasilan anda melebihi Rp 4,5 juta, maka anda wajib untuk membayar pajak penghasilan.

Cara membuat NPWP online

Tata cara Pendaftaran NPWP Pribadi secara Online

– Kunjungi situs Dirjen Pajak
Kunjungi situsnya di www.pajak.go.id atau mengunjungi halaman pendaftaran di ereg.pajak.go.id/login. Setelah masuk pada halaman pendaftaran akun untuk membuat NPWP secara online, pilih menu e-registration

– Melakukan pendaftaran dengan mengisi identitas.
Klik daftar pada halaman yang tertera di monitor. Setelah itu isi dengan nama, alamat email serta password. Jangan lupa menuliskan kode yang tertera.

– Aktivasi akun.
Setelah melakukan pengisian identitas, anda akan mendapatkan konfirmasi akun pada alamat email yang anda tuliskan. Selanjutnya, ikuti langkah yang tersedia pada email

– Isi formulir pendaftaran.
Setelah anda mengaktivasti akun, selanjutnya mengisi formulir pendaftaran yang tersedia dan mengikuti semua tahapan dengan benar.

– Kirim formulir pendaftaran.
Setelah formulir untuk daftarkan NPWP terisi dengan lengkap dan benar, kemudian anda perlu mengirimkan formulir pendaftaran. Sehingga formulir pendaftaran yang telah terisi akan langsung terhubung dengan kantor pelayanan perpajakan tempat anda terdaftar.

– Cetak formulir.
Mencetak formulir registrasi dan juga surat keterangan terdaftar sementara. Kemudian menandatangani berkas tersebut dan jadikan satu dengan berkas kelengkapan lainnya.

– Kirim formulir ke KPP.
Setelah semua terisi dan berkas telah lengkap, anda bisa mengirimkannya ke kantor pelayanan pajak atau KPP tempat anda terdaftar. Selanjutnya anda bisa langsung menyerahkannya ke KPP ataupun dikirim melalui pos.

Pengiriman ini dilakukan paling lambat 14 hari setelah formulir terkirim secara elektronik. Akan tetapi jika anda tak ingin repot untuk mengirim berkas ke KPP ataupun melalui pos, anda bisa mengunggah berkasnya dalam bentuk soft file.

Tentu saja berkas ini anda unggah pada aplikasi e-registration yang sama dengan formulir yang anda isi sebelumnya.

– Cek status dan tunggu kartu NPWP dikirim.
Setelah semua langkah anda ikuti, anda hanya perlu menunggu kartu NPWP dikirim pada alamat yang anda tulis saat pendaftaran.

Cara membuat NPWP di kantor pajak (Offline)

Berdasarkan sistem setiap WP wajib mendaftarkan diri ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) atau melalui Kantor Penyuluhan dan Pengamatan Potensi Perpajakan (KP4) yang wilayah kerjanya meliputi tempat tinggal atau tempat kedudukan Wajib Pajak, untuk diberikan NPWP.

Tata cara Pendaftaran NPWP Offline

Untuk mendapatkan NPWP Wajib Pajak (WP) mengisi formulir pendaftaran dan menyampaikan secara langsung atau melalui pos ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) atau Kantor Penyuluhan dan Pengamatan Potensi Perpajakan (KP4) setempat dengan melampirkan:

1. Untuk WP Orang Pribadi Non-Usahawan

Fotocopy Kartu Tanda Penduduk bagi penduduk Indonesia atau foto kopi paspor ditambah surat keterangan tempat tinggal dari instansi yang berwenang minimal Lurah atau Kepala Desa bagi orang asing.

2. Untuk WP Orang Pribadi Usahawan

Fotocopy KTP bagi penduduk Indonesia atau fotocopy paspor ditambah surat keterangan tempat tinggal dari instansi yang berwenang minimal Lurah atau Kepala Desa bagi orang asing.Surat Keterangan tempat kegiatan usaha atau pekerjaan bebas dari instansi yang berwenang minimal Lurah atau Kepala Desa.

3. Untuk WP Badan

Fotocopy akta pendirian dan perubahan terakhir atau surat keterangan penunjukkan dari kantor pusat bagi Badan Usaha Terdaftar (BUT).

Fotocopy KTP bagi penduduk Indonesia atau fotocopy paspor ditambah surat keterangan tempat tinggal dari instansi yang berwenang minimal Lurah atau Kepala Desa bagi orang asing, dari salah seorang pengurus aktif.Surat Keterangan tempat kegiatan usaha dari instansi yang berwenang minimal kabupaten

4. Untuk WP Wanita yang ingin melaksanakan hak dan kewajiban pajak berbeda dari suami

Fotocopy KTP bagi WNI, fotocopy paspor atau kartu izin tinggal sementara atau kartu izin tinggal tetap bagi WNA, fotocopy NPWP suami, Dokumen perpajakan luar negeri jika suami adalah WNA, fotocopy akta perkawinan, fotocopy Kartu Keluarga, fotocopy surat perjanjian pemisahan penghasilan dan harta atau surat pernyataan menghendaki melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan terpisah dari hak dan kewajiban perpajakan suami
– Surat pernyataan bermaterai yang menerangkan kegiatan usaha dan lokasi usaha
– keterangan tertulis atau elektronik dari penyedia jasa aplikasi online yang menerangkan bahwa anda merupakan mitra usaha penyedia jasa aplikasi online.

itu dia artikel tentang bagaimana cara membuat NPWP secara online maupun secara offline , semoga setelah membaca artikel ini anda bisa membuat NPWP dengan mudah tanpa harus bolak balik rumah – kantor pajak.

Jika masih ada yang ingin ditanyakan silahkan teman teman bisa menanyakannya dikolom komentar dibawah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here