Begini Loh Proses Caranya Membuat KTP Elektronik

0
13

Selamat datang semuanya , kembali lagi dengan saya admin tutorialbro. Di artikel kali ini saya ingin membahas tentang “Cara Membuat KTP Elektronik”. Buat kamu yang ingin membuat namun tidak tahu cara membuatnya silahkan disimak artikel ini.

bagaimana cara membuat EKTP

Apa itu KTP, E-KTP dan KTP-EL

KTP (KTP Nasional) adalah salah satu dokumen identitas yang berlaku bagi Warga Negara Indonesia. berbentuk selembar kertas yang dilaminating.

E-KTP atau KTP-el (Elektronik Kartu Penduduk) merupakan kartu tanda penduduk yang dibuat dari mesin elektronik dan ditulis dengan data digital. Ini berarti baik dari segi fisik maupun penggunaannya berfungsi secara komputerisasi.

Baca Juga : Cara Membuat NPWP Secara Online

menurut situs resmi KTP-el, KTP elektronik adalah dokumen kependudukan yang memuat sistem keamanan/pengendalian baik dari sisi administrasi ataupun teknologi informasi dengan berbasis pada basis data kependudukan nasional.

Dasar Hukum KTP, E-KTP dan KTP-EL

  • Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, dijelaskan bahwa:
    “penduduk hanya diperbolehkan memiliki 1 (satu) KTP yang tercantum Nomor Induk Kependudukan (NIK). NIK merupakan identitas tunggal setiap penduduk dan berlaku selama 5 tahun untuk warga negara Indonesia dan untuk warga asing disesuaikan dengan masa berlaku izin tinggal tetap”.
  • Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan.
    penduduk hanya diperbolehkan memiliki 1 (satu) KTP yang tercantum Nomor Induk Kependudukan (NIK). NIK merupakan identitas tunggal setiap penduduk dan berlaku seumur hidup untuk warga negara Indonesia dan untuk warga asing disesuaikan dengan masa berlaku izin tinggal tetap”.
  • Peraturan Presiden Nomor 26 Tahun 2009 tentang Penerapan E- KTP berbasis Nomor Induk Kependudukan.

Fungsi E-KTP

Nomor NIK yang ada di e-KTP dan KTP-el nantinya akan dijadikan dasar dalam penerbitan Paspor, Surat Izin Mengemudi (SIM), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Polis Asuransi, Sertifikat atas Hak Tanah, dan penerbitan dokumen identitas lainnya.
(Pasal 13 UU No. 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan).

Kenapa harus punya E-KTP ?

Identitas jati diri tunggal yang tidak dapat dipalsukan serta digandakan dan berlaku secara nasional, sehingga tidak perlu lagi membuat KTP lokal untuk Pengurusan Izin, Pembukaan Rekening Bank, Pengajuan Kredit dan sebagai Kartu Suara dalam pemilu atau pilkada . Sehingga terciptanya keakuratan data penduduk untuk mendukung program pembangunan

Syarat Terbaru Pembuatan E-KTP (KTP Elektronik)

Syarat Membuat E KTP Bagi Warga Negara Indonesia :
1. Berusia 17 tahun / Sudah Kawin / Pernah Kawin
2. Foto kopi Kartu Keluarga (KK).

Syarat Membuat E KTP Bagi Warga Negara Asing Yang Memiliki Izin Tetap :
1. Berusia 17 tahun / Sudah Kawin / Pernah Kawin
2. Foto kopi Kartu Keluarga (KK).
3. Data Dokumen Perjalanan
4. Dokumen atau Kartu Izin Tetap

Syarat Membuat E KTP Bagi Warga Negara Indonesia Yang Pindah Kota :
1. Surat Keterangan Pindah dari Disdukcapil atau UPT Disdukcapil daerah Asal
2. Foto kopi Kartu Keluarga (KK).

Syarat Mengganti E KTP Yang Rusak Atau Hilang :
1. Surat Keterangan Hilang Dari Polisi (Jika Hilang)
2. KTP Elektronik Yang Rusak (Jika KTPnya Rusak)
3. Foto kopi Kartu Keluarga (KK)

*Catatan : Selalu Bawa dokumen asli seperti KK,KTP,Akta Kelahiran. Untuk Dokumen Yang difotocopy usahakan fotocopy lebih dari 1 untuk jaga jaga agar tidak bolak balik.

Prosedur pembuatan KTP-el

  1. Datang ke kantor Disdukcapil atau UPT Disdukcapil Kabupaten / Kota untuk melaporkan diri dengan membawa Kartu Keluarga (KK).
  2. Mengambil nomor antrean. Setelah itu akan dilakukan verifikasi data penduduk dari KK dan pengecekan database kependudukan.
  3. Selanjutnya petugas melakukan pengambilan foto langsung di tempat. Kemudian pengambilan tandatangan pada alat perekam tandatangan elektronik dan perekaman data sidik jari tangan seperti jempol dan telunjuk kanan. Sekaligus dilakukan scan retina (iris) mata.
  4. Anda diminta untuk menunggu guna petugas membubuhkan tandatangan dan stempel pada surat panggilan. Hal ini sekaligus sebagai tanda bukti kalau Anda telah melakukan proses pembuatan kartu tanda penduduk elektronik.
  5. Setelah perekaman data selesai, ktp-el akan dicetak. Prosesnya sekitar 2 minggu atau 14 hari. Ketika selesai dicetak, pemohon akan dikonfirmasi dan dapat mengambilnya di Kelurahan atau Desa setempat.

Itu dia penjelasan lengkap tentang bagaimana prosedur pembuatan E KTP atau KTP elektronik semoga dengan adanya artikel ini kalian semua bisa dimudahkan dalam penerbitan EKTP dan tidak salah lagi dalam membawa dokumen yang dibutuhkan.

Jika masih ada yang ingin ditanyakan tetang “prosedur membuat ktp” silahkan tanya dikolom komentar yang sudah disediakan dibawah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here