18+ Macam Macam Alat Ukur Dalam Fisika Lengkap Banget

0
6

Apa itu Alat ukur

alat ukur dalam pelajaran fisika

Dalam fisika dan teknik, pengukuran adalah aktivitas yang membandingkan kuantitas fisik dari objek dan kejadian dunia-nyata. Alat ukur merupakan alat yang digunakan untuk mengukur benda atau kejadian tersebut. Seluruh alat pengukur dapat terkena kesalahan peralatan yang bervariasi. Metrologi adalah bidang ilmu yang mempelajari tata cara pengukuran.

Baca Juga : Tips Memilih Jurusan Kuliah dan Universitas Yang Terbaik

Fisikawan menggunakan banyak alat ukur untuk melakukan pengukuran mereka. Ini dimulai dari alat yang sederhana seperti penggaris dan stopwatch sampai ke mikroskop elektron dan pemercepat partikel. Instrumen virtual digunakan luas dalam pengembangan alat pengukur modern.

Macam Macam Alat Ukur Beserta Fungsinya

1. Mikrometer sekrup

Mikrometer berfungsi mengukur ketebalan (diameter) suatu benda dengan skala 0,01 mm.

2. Penggaris / Mistar Baja

Penggaris/Mistar Baja berfungsi mengukur dimensi lebar dan panjang ketelitian dari mistar baja ini kurang lebih 0,5mm.

3. Voltmeter

Voltmeter adalah alat ukur yang berfungsi untuk mengukur tegangan listrik, alat ini biasa terdapat pada kendaraan mobil maupun kendaraan sepeda motor fungsinya agar mengetahui tegangan aki/listrik.

4. Amperemeter

Amperemeter adalah alat ukur yang berfungsi mengukur kuatnya arus listrik, alat ini sering digunakan oleh teknisi elektronik untuk mengetahui arus listrik,

5. Ohmmeter dan Galvanometer

Ohmmeter merupakan alat yang digunakan untuk mengukur besar hambatan listrik yang merupakan suatu daya yang bisa menahan aliran listrik di konduktor, Galvanometer adalah alat yang digunakan yang memiliki fungsi untuk bisa melihat besarnya arus listrik dan dikalibrasi menjadi satuan ohm.

6. Termometer

Termometer berfungsi untuk mengukur suhu air maupun suhu udara, Adapun satuan yang digunakan pada termometer ini yakni celcius, alat ini bisa digunakan dalam penelitian sebagai alat kesehatan yang berfungsi mengukur panas tubuh pada pasien.

7. Neraca/ Timbangan

Neraca/Timbangan adalah alat yang dipakai melakukan pengukuran massa suatu benda. Neraca/Timbangan dikategorikan ke dalam sistem mekanik dan juga elektronik /Digital.

8. Stopwatch, Kronometer dan Jam Tangan

Stopwatch berfungsi untuk mengukur waktu, Misalnya untuk mengukur berapa kecepatan seorang pelari itu bisa menempuh jarak 20 M, atau berapa lama waktu yang tempuh ketika sedang ada dalam perlombaan.

9. Kronometer

Kronometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur waktu dengan ketepatan paling akurat, biasanya jam tangan yang menggunakan istilah ini merupakan jam yang telah dites dan diberikan sertifikat karena telah lulus standar ketepatan. Di Swiss, hanya jam yang diberi sertifikat oleh COSC yang dapat menggunakan kata Kronometer

10. Jam tangan

Jam tangan merupakan alat untuk mengukur waktu berupa jam, menit dan detik, ada jam tangan analog dan digital.

11. Jangka Sorong

Jangka sorong berfungsi untuk mengukur panjang atau ketebalan sebuah benda yang memiliki ketelitian sampai dengan 0,1 mm, Misalnya seperti mengukur ketebalan besi, buku dan lain-lainnya.

12. Speedometer

Speedometer berfungsi untuk mengukur kecepatan dari kendaraan darat, speedometer biasanya digunakan di motor dan mobil. Seperti misalnya mengukur kecepatan mobil balap, ketika ada perlombaan.

13. Lux meter dan Kandela

Lux meter dan kandela memiliki fungsi mengatur intensitas cahaya. Lux meter berfungsi untuk mengukur tingkat pencahayaan di suatu tempat atau ruangan, sistem kerja lux meter ini menggunakan sensor cahaya, sehingga kamu harus meletakan alat tersebut di meja atau bisa dipegang namun diangkat sampai 75 cm diatas permukaan lantai, Kemudian, lux meter akan menghitung dengan cepat intensitas cahaya yang ada pada ruangan.

14. Meteran Pita

Meteran pita berfungsi mengukur panjang suatu benda, meteran ini digunakan untuk mengukur benda yang memang sudah tidak dapat di jangkau atau diukur oleh mistar, Penggunaannya anda hanya perlu mengulur meteran pita ini ke benda yang ingin anda ukur.

15. Antique Caliper

Antique Caliper berfungsi untuk mengukur benda yang sulit diukur menggunakan penggaris, misalkan leher botol. Capit yang ada pada antique caliper ini bisa direnggangkan dan juga dikunci rapat sesuai dengan barang yang akan diukur

16. Barometer

Barometer ialah alat yang berfungsi untuk mengukur tekanan udara. Barometer memiliki satuan yaitu MB.

17. Manometer

Manometer adalah alat yang berfungsi untuk mengukur tekanan udara dalam ruangan tertutup. Termasuk kegunaan manometer dalam mengukur tekanan ban.

18. Densitometer

Densitometer merupakan alat yang berfungsi untuk mengukur kerapatan zat cair secara langsung.

19. Multimeter

Multimeter atau multitester berfungsi untuk mengukur arus, tegangan, tahanan listrik, frekuensi, nilai kapasitas, hubungan atau konektivitas pada rangkaian.

Penutup

nah itu semua adalah beberapa jenis dan macam macam alat ukur fisika, beberapa alat untuk mengukur di atas ada beberapa yang tidak asing lagi di dengar dan ada juga beberapa yang mungkin baru anda kenal.

Semoga artikel tentang alat ukur ini bisa membantu teman teman semua

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here