Baca 6 Cara Jitu Ini Untuk Menurunkan Bounce Rate Blog

2
44

Bounce rate merupakan persentase dari pengunjung blog Anda yang meninggalkan blog Anda setelah melihat satu halaman saja. Lebih jauh mengenai bounce rate sudah dibahas pada artikel definisi bounce rate. Jika Anda mempunyai statistik bounce rate yang tinggi maka mungkin pengunjung Anda tidak tertarik untuk membaca lebih lanjut di blog Anda.

cara menurunkan bounce rate

Di bawah ini adalah 6 strategi yang dapat Anda gunakan untuk membuat pengunjung betah berlama-lama di blog Anda. Strategi-strategi berikut akan membantu Anda untuk menurunkan angka bounce rate.

Berikut Strategi Menurunkan Bounce Rate Pada Blog atau Website :

1.Gunakan size font yang lebih besar

Smashing magazine mengatakan bahwa dengan menggunakan font dengan size 16px atau lebih akan membuat blog Anda lebih “terbaca”. Selain itu pastikan blog Anda juga terbaca pada berbagai platform browser maupun gadget. Sesuaikan pula size font dengan panjang baris dan tinggi baris. Itu semua bisa Anda atur di css blog Anda.

2.Buka tautan pada jendela atau tab baru

Buat semua tautan eksternal terbuka di jendela atau tab baru. Karena jika tautan eksternal ini terbuka di tab yang sama maka secara otomatis pengunjung akan pergi dari blog Anda ketika mereka membuka tautan tersebut.

Hal ini tidak berlaku untuk tautan internal di blog Anda. Anda bisa membuat tautan internal terbuka pada tab yang sama karena tentu saja pengunjung tidak akan pergi dari blog Anda namun hanya berpindah halaman. Ini akan menurunkan bounce rate secara signifikan.

3.Buat internal link dengan artikel lain

Tautan internal merupakan tautan yang mengarah ke halaman lain di blog Anda sendiri. Dengan memberikan 2-3 tautan internal pada setiap artikel maka akan membuat pengunjung Anda semakin penasaran dan membuka halaman lain di blog Anda. Mengenai internal link ini sudah dibahas pada artikel 6 Strategi Memasang Internal Link Untuk Meningkatkan Pageview.

Tips: Tautan yang diletakkan pada 2 paragraf pertama lebih banyak menarik pengunjung daripada tautan yang Anda letakkan di paragraf akhir artikel.

4.Buat artikel Anda lebih mudah untuk discanning

Buatlah artikel Anda lebih mudah discanning. Tandai kalimat-kalimat penting dengan mempertebal atau mencetak miring. Atau bahkan Anda bisa menggunakan tag heading. Anda bebas memilih asalkan hal ini bisa menarik perhatian pengunjung.

5.Buat desain yang bagus

Desain blog yang simple jauh lebih bagus daripada blog yang keliatan ramai dan membingungkan. Gunakan kombinasi warna yang menarik dan buat navigasi semudah mungkin. Jangan terlalu banyak memasang iklan dan widget.

6.Percepat loading blog Anda

Tentu Anda tidak ingin pengunjung Anda pergi karena lelah menunggu halaman blog Anda tidak segera muncul bukan? Maka dari itu percepat loading blog Anda. Selain pengunjung, search engine seperti Google juga suka dengan blog yang mempunyai loading cepat.

Itu dia sedikit bahasan tentang bagaimana cara menurunkan bounce rate dari blog kita , saya sudah memberitahukannya sekarang tinggal teman teman mengeksekusinya di blog teman teman

Jika masih ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar

2 COMMENTS

  1. Permasalahan bounce rate memang menjadi momok yang meresahkan para pemilik situs. Minggu lalu bounce rate blog saya masih diangka 80% , tapi dari beberapa teori yang saya terapkan nampaknya ada perubahan yg signifikan dari angka tersebut…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here